Cara Beternak Burung Branjangan

Berikut cara membangun kandang penangkaran branjangan

kandang branjangan1

Meski teknis penangkaran branjangan tidak mudah, tetapi sarana dan prasarana yang perlu disediakan tidak serumit ketika anda menangkarkan jenis burung kicauan yang lain, terutama murai batu dan kacer. Lahan yang digunakan tidak perlu terlalu luas, dan kontrol suhu maupun kelembaban pun belum diperlukan. Menurut Ian peternak branjangan dari hutan hijau farm, membangun kandang ternak branjangan di lokasi yang tidak terlalu luas yang terpenting sirkulasi udara cukup bagus. Bahkan Ian memanfaatkan kandang berukuran panjang 60 cm lebar 40 cm dan tinggi 80 cm. Meski ukurannya cukuo kecil namun sepasang indukan bisa berkembang biak dengan baik.

Yang perlu diperhatikan juga adalah kondisi dalam kandang. Untuk alas kandang usahakan menggunakan media tanah. Karena branjangan lebih senang jika hidup langsung berhubungan dengan tanah. Juga ada rongga yang sengaja dibuat untuk memberikan ruang bagi branjangan untuk memilih dimana ia akan tinggal. Usahakan juga kalau kita ingin membuat sarang, maka di atas tanah itulah sarang harus dibuat. Jangan sekali-kali membuat sarang pada posisi di atas karena burung tidak akan mau tinggal di atas tanah.

kandang branjangan

Faktor yang tidak kalah penting adalah kondisi dalam kandang harus dibuat seperti habitat aslinya yakni hutan. Untuk menambah suasana agar lebih natural di dalam kandang, kita bisa menambahkan beberapa tanaman rerumputan atau semak-semakan yang tidak terlalu rindang. Sediakan juga wadah atau baki besar berisi pasir untuk mereka mandi pasir/kipu, serta seonggok batu besar yang akan digunakan sebagai tenggerannya. Kemudian di dasar kandang disebarkan alang-alang atau jerami yang sudah kering, yang nantinya akan digunakan untuk membangun sarangnya.

Demikian info hobi, tips beternak burung branjangan. Semoga menambah pengetahuan kita semua. (thank to agrobur)

Video Branjangan

Artikel Terbaru

Cek info dan tips lainnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s