Merawat Ayam Bekisar Volume Besar agar Menghasilkan Power Maksimal

Masih menurut Ismanu, dari sekian ayam bekisar volume besar yang pernah diorbitkannya, ternyata ada kesimpulan bahwa tipe bekisar seperti itu membutuhkan air minum dalam jumlah lebih banyak dari bekisar pada umumnya. Ismanu menganjurkan agar tidak ragu untuk memberi air minum “Merawat ayam bekisar volume besar harus berani bermain air”, terang dia. Sebab bekisar tipe seperti ini maunya selalu dingin, sehingga kebutuhan air cukup besar. Sebaliknya dengan minimnya konsumsi air maka ia cenderung tidak mau bunyi. Pemberian air minum langsung disediakan di sangkar. Tidak perlu ragu dan takut memberikan porsi air minum dalam jumlah besar.
Berapapun air yang disediakan, jika memang sudah waktunya berhenti minum, maka ayam tersebut tidak akan menghabiskan stok air minum. Dia akan minum secukupnya sesuai kebutuhan. Perhatikan juga soal air minum yang diberikan, jangan asal memberikan air minum. Kondisinya harus bersih dan sehat serta aman.

kandang umbaran

kandang umbaran

Perawatan yang tidak kalah penting adalah umbaran. Menurut Ismanu umbaran mutlak dilakukan karena mampu memunculkan tenaga sebagai bagian dari kebutuhan yang harus dipenuhi. Dengan umbaran, stamina mampu dinaikkan. Sebab umnbaran bisa diartikan sebagai olah raga bagi bekisar. Minimal umbaran bisa dilakukan seminggu sekali. Perhatikan juga masalah porsi makan. Ada perbedaan antara porsi air minum dan makan. Jika porsi air minum yang diberikan harus besar/banyak, sebaliknya untuk porsi makan harus dijaga. Untuk porsi makan jangan terlalu banyak, berikan secukupnya.

“Kalau terlalu banyak makan, maka akibatnya ayam akan ngowos”, kata Ismanu. Penjemuran juga haus mendapatkan perhatian. Berapa lama waktu penjemuran harus disesuaikan dengan usia ayam. Jika masih muda, cukup 1 jam saja, namun kalau usia ayam di atas 1 tahun maka waktu penjemuran antara 2-2,5 jam. Saat melakukan penjemuran di bawah artinya tidak dikerek, upayakan posisi sangkar harus menggunakan alas rumput, jangan langsung berada di atas semen atau paving. Hal itu tidak baik bagi ayam bekisar. Perawatan lain adalah proses latihan. Jangan memaksakan untuk mengerek ayam saat latihan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Ada kalanya para penghobi ketika latihan, ayam dikerek cukup lama, bahkan bisa lebih dari dua jam. Seharusnya porsi latihan disesuaikan dengan waktu pelaksanaan kontes. Pakai aturan kontes latihan. Berapa lama ayam bekisar berada di atas kerekan dan berapa kali harus dikerek. Misalkan latihan kerek cukup 30 sampai 45 menit saja, kemudian diturunkan. Beberapa menit kemudian dikerek kembali dengan waktu yang sama. Begitu selanjutnya sehingga ayam terbiasa dengan model pengerekan seperti itu. Terlebih bagi ayam dengan volume besar. Sebab tipe seperti ini membutuhkan tenaga yang besar.

gula merah

gula merah bisa membantu mengeluarkan power ayam suara besar

Kalau terlalu lama berasa di atas kerekan, maka dipastikan kekuatannya lama-lama akan hilang. Powernya akan mengalami penurunan dan dampaknya pasti akan merugikan. Sebenarnya power ini hanya bisa dimunculkan dengan teknik perawatan  yang benar. Artinya bahwa power tidak dengan sendirinya akan keluar, tetapi harus dimunculkannya. Gula merah menjadi salah satu menu yang sering diberikan oleh setiap perawat dalam memunculkan power dan tenaga ayam Bekisar.

Demikian informasi tentang merawat Ayam Bekisar Volume Besar agar menghasilkan power maksimal. Semoga bermanfaat bagi penggemar ayam bekisar.

Artikel terbaru

Cek artikel menarik lainnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s