Merawat Ayam Bekisar Volume Besar agar Menghasilkan Power Maksimal

bekisar2Ayam Bekisar dengan tipikal suara atau volume besar memang belum banyak yang dimiliki oleh penghobi. Bahkan tidak sedikit dari tipe seperti ini jarang muncul di lapangan sebagai pemenang. Selalu saja ada kendala untuk mengkondisikan agar bisa tampil di lapangan sesuai harapan. Ternyata bekisar dengan volume besar memiliki cara yang lebih sulit dalam memberikan rawatan agar mau tampil maksimal.
Dunia merawat ayam bekisar memang dikenal memiliki seni yang cukup tinggi. Tidak semua penghobi, apalagi peternak yang mampu menjadikan dirinya sebagai perawat handal. Merawat yang dimaksud di sini adalah bukan hanya sekedar memberikan makan dan minum sehingga ayam tersebut bisa tetap hidup. Sebaliknya adalah mengkondisikan ayam bekisar agar kekuatan yang dimiliki bisa dimunculkan pada saat dikerek di lapangan. Mereka harus benar memahami apa, mengapa dan bagaimana cara rawatan yang harus diberikan dan diterapkan pada ayam bekisar. Tidak gampang menjadi seorang perawat.

ayam bekisar

Bisa dikatakan bahwa perawat merupakan pekerjaan yang cukup sulit. Terlebih bagi bekisar yang dirawat sejak usia muda, maka proses yang dibutuhkan untuk memunculkan kelebihan dan meminimalisir kekurangan butuh waktu yang tidak sebentar. Begitu halnya dengan merawat ayam bekisar dengan tipikal volume besar.

Pawang bekisar asal gunung putri bogor, Ismanu mengatakan bahwa ada hal-hal yang harus dipahami sebelum memulai merawat ayam. Dia mengatakan bahwa sebenarnya kita harus mengetahui terlebih dahulu bekisar dengan tipe apa yang akan kita rawat, kita harus mengenal lebih jauh tentang bekisar yang akan dipoles. Sebab dengan mengetahui, maka akan dengan mudah bisa mengambil keputusan pasti. Seperti halnya merawat ayam bekisar dengan volume besar. Ismanu mengatakan bahwa kunci utama ayam seperti itu adalah terletak di power. “ Ayam volume besar membutuhkan power besar untuk bisa memunculkan kelebihannya”, terang Ismanu.

Hal senada dilontarkan Dr. Triatmo peternak ayam bekisar yang banyak mengeluarkan produk dengan tipe volume besar. “ Ayam bekisar dengan volume besar membutuhkan power dan energy yang besar pula,” terang perternak yang tinggal di cibinong bogor. Jika saat tampil power tidak keluar maka akibatnya performa ayam kurang bagus. Dia mengatakan jika power tidak keluar artinya ayam tidak kuat maka suara yang akan dilantunkan akan menekuk alias suara ujungnya akan turun atau lebih populer dengan istilah gandol pada ayam volume besar disebabkan oleh power yang tidak bisa dimunculkan.

bekisar3Masih menurut Triatmo ada kalanya bekisar dengan volume besar yang usianya masih muda, umumnya memiliki suara ujung yang turun. Hal itu disebabkan oleh kekuatan yang belum maksimal. Namun ketika menghadapi kondisi seperti itu, tidak perlu bingung karena hal itu wajar terjadi. Lebih lanjut Triatmo mengatakan bahwa dirinya sering mengalami bekisar volume besar pada usia muda cenderung mengeluarkan suara dengan ujung turun. Tidak perlu panik yang terpenting adalah bagaimana mengkondisikan ayam ketika usianya sudah beranjak dewasa. Dengan pola perawatan yang baik, maka suara turun itu pada saat dewasa akan hilang. Menurutnya usia di atas satu tahun atau usia ngurak, merupakan usia yang tepat untuk mengkondisikan ayam bekisar volume besar untuk tampil lebih bagus tanpa disertai dengan suara ujung yang turun.

Begini Perawatan Ayam Bekisar Volume Besar agar tampil maksimal  —-  di halaman 2 —-

—–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s