Merawat Anis Kembang selama Mabung agar hasil lebih dahsyat

anis kembangProses ganti bulu dikenal dengan istilah mabung atau moulting/ngurak merupakan proses fisiologis yang normal pada burung yang berlangsung selama 1 sampai 3 Bulan Burung dewasa minimalakan mengalami mabung 1x dalam satu tahun.

Selama proses ngurak metabolisme d idalam sel-sel burung meningkat hingga 30%, sehingga kebutuhan nutrisi burung juga  mutlak ditingkatkan. Masa mabung pada anis kembang seperti  burung yang lain berlangsung antara 1-3 Bulan. Selama ngurak pada umumnya burung jarang berkicau atau tidak berkicau sama sekali dan burung  tidak kelihatan lincah.

Pada masa ngurak sebaiknya burung tidak dimandikan dan dijemur untuk mengurangi rasa stress karena metabolisme yang meningkat. Selama ngurak sebaiknya anis kembang anda ditaruh pada tempat yang tenang (dipisahkan dengan burung yang lain).

Extrafooding mutlak dan harus diberikan selama proses ganti bulu. Berikan serangga ( jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang, ulat bumbung) kroto dalam jumlah yang banyak sampai burung merasa kenyang sebagai sumber zat – zat utama yang diperlukan untuk pembentukan bulu. Untuk mempercepat proses pembentukan bulu, perlu diberikan vitamin minimal 2x dalam 1 minggu.

Agar burung tidak macet setelah ngurak dan tetap memiliki volume suara dengan kualitas yang tembus dan mengkristal perlu diberikan suplemen gacor, 2x seminggu. Jadi pada dasarnya anis kembang yang sedang ngurak harus mendapat perawatan yang jauh lebih baik dibanding ketika burung tersebut tidak mengalami ganti bulu agar anis anda dapat tampil lebih dasyat.

Pada umumnya jika kita dapat merawat  anis kembang dengan maksimal selama ngurak, maka burung akan tampil lebih dahsyat dibanding dengan kondisi sebelum ngurak. Sebaliknya burung  setelah ngurak dapat tampil lebih buruk tanpa tenaga dan hanya ngriwik terus atau mungkin dapat mengalami macet total jika kita merawat burung tersebut dengan tidak maksimal.

Demikian tips merawat anis kembang selama mabung agar lebih dahsyat. Semoga Bermanfaat..

Kumpulan artikel terbaru

cek artikel menarik lainnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s