Cara breeding Kenari Postur Besar yang sedang laris manis

canary_yorkshire2Bukan rahasia lagi, anakan kenari besar saat ini baru booming dan jadi rebutan kenari-mania. Meskipun harganya mahal, tetap saja diuber-uber sampai rela antri berlama-lama. Kenari bodi besar ‘dianggap’ memiliki sejumlah kelebihan, selain tampak gagah dan seram, volumenya juga lebih tembus, serta dianggap memiliki nafas yang lebih kuat dan panjang.
Kalau kelak dimaster dan jadi, harganyapun bisa berlipat-lipat dari harga piyikanya. Tak heran  bila saat ini kenari yang turun di lapangan, umumnya kenari besar. Hanya beberapa kenari mungil yang bernyali turun di kelas bebas, melawan kenari-kenari ukuran jumbo. Meskipun sebenarnya sih ada beberapa kenari mungil yang malah jadi juara di kelas bebas ini.

Namun berdasarkan kondisi di tersebut, para peternak kenari pun berusaha mencetak kenari besar. Kenari pokok yang dijadikan basic supaya bisa mencetak kenari bongsor adalah pejantan Yokshire, yang harganya pun terus melangit. Salah satunya adalah Irawan yang beralamat di tejokusuman, ngampilan Jogjakarta. Irawan mengaku lebih senang beternak kenari besar, karena perawatannya juga sama dengan kenari kecil pada umumnya, tapi hasilnya lebih jumbo juga. Saat ini ia memiliki lebih dari 30 ekor betina produksi, dan pejantan kurang lebih 6 ekor yang siap kawin. Indukan beraneka macam warna baik betina dan pejantan. Rata-rata jenis F2, F3, dan Yokshire. Setiap hari Irawan hanya dibantu oleh Avit, yang tak lain hanyalah tetangganya sendiri.

anakan yokshire

anakan yokshire

Anakan yang diproduksi kebanyakan jenis Yokshire lokal hasil ternakannya sendiri. Puluhan betina kenari kecil juga ada, namun hanya digunakan sebagai babu mengeram. Jika anakan sudah menetas, diberi asupan Vitapiyek, baik melalui indukan atau bila sudah dipanen dan diajari makan melalui lolohan. Irawan merasakan sekali manfaat vitapiyek, anakan jadi sehat, cepat besar, tidak gampang sakit dan mengurangi resiko mati, dan menurut laporan para pembeli kenari di tempatnya pada cerdas dan gampang dimaster. Bila sudah mulai makan sendiri, baru diperbolehkan untuk dibeli konsumen.

Pejantan yokshire yang kesehariannya untuk mengawini, harus diberikan menu makanan yang berprotein tinggi. Irawan juga terbiasa memberikan probiotik alami superbreeding, yang menjadikan kondisi birahi si jantan dan betina bisa bersamaan, dan kawin menjadi lebih berkualitas atau ngisi.

pejantan yokshire

pejantan yokshire

Mengawinkan kenari dilakukan setiap dua hari sekali, agar si pejantan tetap stabil saat birahi. Menurut Irawan, memproduksi kenari besar yang terpenting adalah mempersiapkan si betina cepat birahi, agar produksi cepat dan tetap lancer. Soal tempat ternak, dia hanya menggunakan sangkar gantung biasa, nyatanya tidak menemui kendala yang berarti. Hasilnya, anakan kenari berpostur besar, rata-rata dibeli konsumen pada usia maksiamal 30 hari.

1

Pakan

Setelah diracik dengan komposisi tertentu, kemudian dioseng agar bakteri mati seketika. Anakan dibantu dengan disepet, agar anakan tumbuh makin cepat. Khusus usia lolohan, sangat bagus pula bila memakai topsong hand-feeding yang sangat praktis dan nutrisinya pun lengkap. Anakan berumur 1 minggu segera diberi cincin atau ring, untuk bisa melihat bahwa ring yang dipasang hasil ternakannya.

Pemberian pakan tergantung pada suhu dan cuaca, jika musim kemarau racikan perlu ditambahkan susu dan kuning telur. Susu dan kuning telur bisa menguatkan daya tahan tubuh baik untuk induk maupun anakan. Jika pada musim penghujan, menu makanan tinggal ditambah madu atau pun parutan kencur yang sudah dihaluskan. Menurut Irawan, kencur akan membantu anakan maupun indukan terasa hangat, bila cuaca ekstrim tinggal diberi penerangan lampu listrik.

Demikian sekilas tentang breeding kenari postur besar ala Irawan Tejokusuman-Yogyakarta. Semoga bermanfaat..

Terkait

Burung Kenari (Stok Anakan Kenari)
Video kenari isian full Blackthroot
Cara penangkaran (breeding) Kenari
Ternak Kenari

Cek 8 Artikel terbaru

Cek artikel-artikel lainnya

Advertisements

7 comments on “Cara breeding Kenari Postur Besar yang sedang laris manis

  1. Om…bisa minta tlg PM nmr yg bisa d hubungin y om…sekalian alamat lengkapnya…terimakasih sebelumnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s